Rabu, 02 September 2015

Intipin Jurusan Pendidikan Dokter UMM, yuk!


Halo guys! Ketemu lagi nih dengan post aku. semoga kalian gak bosen yah bacannya. nah, kali ini aku bakal ulas seputar jurusanku, yaitu Pendidikan Dokter. Check it out!
 



 Dari dulu sampai saat ini banyak mahasiswa baru yang menganggap bahwa pendidikan dokter merupakan salah satu pendidikan terfavorit yang ada dalam dunia perkuliahan. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang mendambakan masuk kedalam fakultas kedokteran khususnya pendidikan dokter. Lalu apasih yang ada dalam pendidikan dokter dan sejauh manakah pendidikan dokter mampu menghipnotis para peminatnya? Hal itu yang akan diulas dalam artikel ini.
       
Pendidikan dokter yang ternaungi dalam fakultas kedokteran adalah sebuah institusi pendidikan tertiari atau bagian dari institusi tersebut, yang terlibat dalam pendidikan pelaku medis masa depan. Kriteria masuk, metodologi pengajaran, dan program medis yang ditawarkan di sekolah-sekolah kedokteran bervariasi di seluruh dunia. Sekarang ini telah banyak ditemukan di berbagai universitas baik swasta ataupun negeri yang menambahkan fakultas kedokteran ke dalam daftar fakultasnya, serta telah banyak pula jurusan-jurusan pendidikan dokter yang ternaungi dalam fakultas kedokteran di seluruh indonesia. Tidak terkecuali Universitas Muhammadiah Malang. Universitas Muhammadiah Malang telah mengantongi ijin resmi dari diknas untuk membuka fakultas kedokterannya sendiri, bahkan Universitas Muhammadiah Malang telah mengantongi akreditas B pada fakultas kedokterannya. Dan tidak main-main UMM telah membuka rumah sakit khusus yang dinamakan Rumah Sakit Muhammadiah Malang.
            Fakultas Kedokteran (FK) UMM merupakan FK swasta pertama di kota Malang. Visi FK UMM adalah menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industri dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Pendidikan di FK UMM dirancang secara profesional selama sebelas semester (lima setengah tahun) yang terbagi dalam dua proses pendidikan, yaitu; Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester; dan  Pendidikan Profesi selama empat semester.Pelaksanaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigma baru pembelajaran Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Research Based Learning (RBL). Sedangkan pendidikan profesi berlangsung dengan sistem kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Dokter Keluarga dan Industri.
            Banyak yang berfikir bahwa lulusan FK akan sangat mudah dalam mendapat pekerjaan karena banyak sekali manusia yang membutuhkan tenaga medis, sehingga FK memiliki daya tarik tertinggi bagi para calon mahasiswa baru. Namun sesungguhnya kemudahan pekerjaan yang didapat oleh mahasiswa lulusan FK selalu berbanding lurus dengan usaha mahasisawa itu sendiri. Karena seperti yang diketahui bahwa kuliah dalam fakultas kedokteran bukanlah hal yang mudah, harus melewati berbagai macam kesulitan mulai dari yang bersifat fisik maupun psikis. Mahasiswa fakultas kedokteran dituntut untuk dapat memanage waktu dengan baik serta memiliki tanggung jawab dan tingkat ketelitian yang tinggi. semangat untuk para calon pejuang medis, karena kita ada untuk melayani masyarakat. 
                  So, jadi kalian yang ingin masuk jurusan Pendidikan Dokter haruslah berpikir matang-matang, pertimbangkan semuanya menurutku. Nah ada lagi, sebenarnya kalau ingin jadi sukses gak harus jadi dokter kok guys. Apapun jurusan kalian, tetapi kalian bisa menguasai dan pastinya ikhlas serta niat menjalaninya, InshAllah ilmu itu bakalan barokah kok. Aaamiiinn :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar