Selasa, 01 September 2015

Sowan Kota Kediri, yuk!

Halo, guys.. Apa kabar kalian? Aku harap baik dan yang pasti gak lagi mengais masa lalu yah. Eaaa...
Okay, pada kesempatan ini aku bakalan kasih wawasan meski sedikit tentang kota asalku, Kota Kediri. Bisa dibilang aku cukup lama sekali tinggal di Kediri, karena kota asal kedua orangtuaku memang di Kota ini, meski sekarang kedua orangtuaku bekerja di luar kota namun entah kenapa enggan rasanya meninggalkan kota ini. Jadi bisa dikatakanlah aku banyak tahu tentang kota ini. Cuss, mari kita lihat yuk seperti apasih Kota Kediri. Pasti kalian pernah denger kan Kota Kediri? Yap karena memang pasti kelihatan di peta kok. Haha.



Kota kediri ini terletak di di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km2 m. Nah, sebelah utara berbatasan langsung dengan Jombang dan Nganjuk, sebelah selatan Kediri berbatasan langsung dengan Blitar dan Tulungangung. Sebelah barat Kediri berbatasan dengan Gunung Wilis. Batas terakhir geografis Kediri sebelah timur adalah Malang dan Jombang.

Sekilas aku papaprin tentang asal mula nama Kediri yah guys. Nah, nama Kota Kediri ini sebenarnya berasal dari batu dengan tulisan “Harinjing ” yang ditemukan di desa Siman, Kabupaten Kepung. Setahu aku guys, hal ini berawal dari seorang tokoh bernama Bagawanta Bari berhasil yang menyelesaikan bendungan Sarinjing untuk menyuburkan tanah pertanian masyarakat. Karena jasanya, dia menerima “Tanah Pradikan” di desa Culanggi (Besowo, Kabupaten Kepung) pada 25 Maret SM. Karena kejadian tersebut, hari jadi Kediri ditetapkan tanggal 25 Maret setiap tahunnya.
Untuk kebudayaan daerah dari Kota Kediri yang masih dilestarikan adalah Upacara Adat Larung Sesaji. Upacara ini dilaksanakan oleh masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur mereka.

Nah, sekarang aku jelasin nih apa aja sih yang bisa temukan di Kota Kediri ini. Okay, ada Monumen SLG (Simpang Lima Gumul). Monumen ini bisa dibilang dekat dari rumah aku guys. So, tak jarang aku melewati atau menikmati indahya monumen ini. Letak dari SLG ini berada di berada di Desa Tugurejo, Kota Kediri. Monumen SLG ini merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Kediri guys. Nah keunikan dari monumen ini adalah desain arsitektural yang terinspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe di Prancis. Sedangkan di sisi monumen terdapat relief–relief yang menggambarkan tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada saat ini. Di salah satu sudut monumen terdapat sebuah arca (patung) Ganesha. Selain sebagai ikon sebuah kota, saat ini SLG juga menjadi sentra ekonomi dan perdagangan baru di Kota Kediri.

Tak ketinggalan pula satu ciri khas yang paling dimilikki Kota Kediri dikenal sebagai Kota Industri Rokok Gudang Garam. Pasti kalian tak asing kan dengan merk rokok ini. Nah, Industri rokok Gudang Garam ini menjadi penopang perekonomian warga Kediri, yang sekaligus merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, di Kota Kediri ini terdapat beberapa wisata alam nan indah guys. Nih seperti:
1.                      1. Wisata Gunung Kelud
        2.   Air Terjun Dolo

         3.   Goa Selomangleng




Oh iya guys, gak ketinggalan juga masalah kuliner. Kota Kediri ini juga memiliki jajanan maupun makanan yang harus kalian coba ketika kalian mampir ke Kediri. Gak bakal nyesel deh! Hehe.
            1.      Nasi Pecel


            2. Gethuk Pisang



            3. Sambal dan Krupuk Goreng Pasir


              4. Tahu Kuning

Yappsss finally, mungkin itu sedikit ulasan tentang Kediri guys. Semoga bermanfaat dan pada akhirnya kalian tertarik untuk mengunjungi kota asalku ini. Hehe. Okay guys, makasih yah. Tunggu post dari aku yang lain juga yah. Byeeee :D








Tidak ada komentar:

Posting Komentar